Wednesday, February 5, 2014

Tanbihul Ghafilin (Peringatan Bagi Yang Lupa)

Memperbanyak Istighfar


‘’Barangsiapa memperbanyak istighfar, maka Allah akan melapangkan setiap kesusahannya, memberi jalan keluar setiap kesukarannya, dan memberi rezeki tanpa diduga-duga” (HR. Abu Daud & Nasa’i).

Tiada seorang hamba pun yang pantas merasa dirinya bersih dari dosa. Apalagi dosa, baik kecil atau besar, bisa mengalir melalui berbagai jalur, seperti mata, telinga, mulut, hidung, kulit, hati, dan lain-lain. Bahkan, Rasulullah SAW pernah menegaskan bahwa setiap anak Adam melakukan dosa, dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang rajin bertaubat (HR. Tirmidzi & Ibnu Majah). Karena itu, kita sangat dianjurkan untuk beristighfar atau memohon ampun terutama kepada Allah.

Menyadari adanya dosa yang mungkin terjadi siang dan malam, orang-orang beriman senantiasa menyempatkan diri beristighfar, terutama setelah shalat. Sehingga dosa-dosa yang berhubungan dengan Allah, yang mungkin terjadi antara waktu-waktu shalat, akan diampuni. Rasulullah sendiri yang sudah dijamin bersih dari dosa, juga membaca istighfar hingga seratus kali dalam sehari (HR. Muslim).

Apalagi terdapat beragam manfaat penting bagi setiap orang yang senantiasa membasahi hati dan bibirnya dengan istighfar. Sebagaimana disebutkan Rasulullah, di antaranya adalah diberikan jalan keluar dari segala kesusahan hidup sekaligus dilapangkan rezeki. Tentunya tak ada manusia yang tak berhadapan dengan masalah-masalah kehidupan, yang kadangkala demikian rumit sehingga membuat sebahagian orang mengakhiri hidupnya karena tak sanggup menghadapinya. Demikian juga, tak ada manusia yang tak diberikan rezeki, tetapi tak semua orang mampu merasa puas dengan apa yang didapatkannya. Karena itu, beristighfarlah. Insya Allah hidup akan tenang dengan selesainya permasalahan-permasalahan hidup dan rezeki yang memuaskan hati.



No comments:

Post a Comment